Rabu, 28 September 2016

Sistem informasi eksekutif


Sistem informasi eksekutif

(Nobel humania billah/1634010085)





Sistem informasi eksekutif “EIS”

Adalah salah satu jenis manajemen sistem informasi untuk memudahkan dan mendukung para eksekutif atau top level management dengan pembuatan keputusan yang dibutuhkan eksekutif senior dengan menampilkan grafik dan laporan dari seluruh proses bisnis pada organisasi atau perusahaan.

Pada umumnya eis berkembang seperti mainframe program komputer yang bertujuan untuk melindungi sekumpulan data dan menyediakan perkembangan penjualan atau riset pemasaran untuk membuat keputusan

Sistem informasi eksekutif sekarang sebagai platform perangkat keras komputer dan mengintegrasikan keterangan menyimpan pada mainframe, mesin komputer pribadi, dan minicomputers. Sebagian beberapa perusahaan jasa klien mengadopsi sistem informasi perusahaan yang terakhir, karyawan dapat mempergunakan komputer pribadi mereka untuk memperoleh akses ke datan perusahaan dan memutuskan data yang adalah relevan untuk pembuatan keputusan mereka. Perbuatan pengaturan ini semua, pengguna mampu untuk menyesuaikan akses mereka ke dalam perusahaan yang sesuai datanya dan menyediakan keterangan relevan atau sebanding terhadap keduanya bagian atas dan tingkat yang lebih rendah di perusahaan.


Sistem informasi eksekutif mempunyai beberapa komponen yang biasanya dikategorikan sebagai berikut :
-Hardware (perangkat keras)
Komponen perangkat keras komputer dasar yang diperlukan untuk sistem informasi eksekutif sebagai berikut :
1. Input data - masukan alat digunakan untuk mengizinkan para eksekutif untuk masuk, verifikasi dan memperbarui data
2. Unit proses digunakan untuk mengatur atau mengkontrol komputer lain
3. File penyimpan data berfungsi sebagai penyimpanan data bisa dilakukan dengan terpisah juga dan berguna untuk para eksekutif mencari keterangan historis bisnis dengan mudah dan efisien.
4. Output device satu rekaman visual atau permanen untuk eksekutif menyimpan atau membaca.Alat ini meyerahkan ke visual output device atau printer.
-Software (perangkat lunak)
Sangat penting bagi para eksekutif untuk mendesain satu “sistem informasi eksekutif” yang efektif dan efisien. Oleh karena itu software sangatlah penting bagi sistem informasi eksekutif. Software tersebut memiliki 4 komponen antara lain :

1.    Teks mendasari perangkat lunak (software) digunakan untuk mendokumentasikan hal-hal yang diperlukan, ini berguna untuk bukti bahwa hal-hal tersebut pernah dilakukan karena ada dokumentasinya
2.    Database Database heterogen bercokol pada satu jangkauan spesifik Vendor dan platform komputer buka akses eksekutif pertolongan keduanya internal dan eksternal data
3.    Dasar grafis untuk mengarahkan volume dari teks dan statistik ke dalam keterang visuil untuk para eksekutif
4.    Dasar model sistem informasi eksekutif mengandung model data statistik rutin dan khusus, keuangan dan analisa kuantitatif lain.
-Pengguna interface
Sistem informasi eksekutif sangat membutuhkan efisiensi untuk memperoleh kembali data relevan atau data setara yang berguna untuk pembuat keputusan yang diambil oleh eksekutif, sehingga interface pemakai sangatlah penting bagi eksekutif. Beberapa jenis pertemuan tersedia dalam sistem informasi eksekutif seperti laporan terjadwal, soal atau tanya jawab, pandu menu, bahasa perintah, bahasa alami dan input output. Alat penghubung sistem informasi eksekutif sederhana untuk digunakan dan sangat tinggi lentur, menyediakan kinerja kosisten, mencerminkan eksekutif dunia dan mengandung pertolongan.
-Telekomunikasi
Berfungsi sebagai desentralisasi cenderung dibutuhkan oleh perusahaan. Telekomunikasi sangatlah berperan penting  di dalam hal terhubungnya jaringan sistem informasi eksekutif. Mengirimkan data dari satu tempat ke tempat yang lain. Sebagai tambahan, telekomunikasi di dalam suatu sistem informasi eksekutif dapat mempercepat kebutuhan dan akses untuk distribusi data.
Sistem informasi eksekutif  dikembangkan seperti mainframe program berbasis komputer memiliki tunjuan untuk melindungi sekumpulan data dan untuk menyediakan kinerja penjualan atau statistik riset atau penilitian pemasaran untuk membuat keputusan, seperti halnya petugas keuangan, direktur pemasaran, dan petugas eksekutif pemimpin. Obyektif adalah untuk mengembangkan aplikasi komputer itu akan menyoroti keterangan untuk memuaskan eksekutif senior kebutuhan. Secara khas, sebuah sistem informasi eksekutif menyediakan data hanya perlu untuk mendukung keputusan level eksekutif dari pada data bagi seluruh perusahaan.Hari ini, aplikasi dari sistem informasi eksekutif tidak hanya pada hirarki perusahaan, tetapi juga di komputer pribadi pada satu daerah jaringan lokal. Setiap perusahaan juga harus memiliki sistem keamanan yang canggih dan aman agar setiap data yang bersifat khusus dapat terjaga kerahasiaannya karena sistem yang digunakan mayoritas menggunakan sistem komputerisasi yang bersifat online

Kelebihan sistem informasi eksekutif
Penggunaan sistem informasi eksekutif “EIS” membuat kemudahan untuk para eksekutif tinggi tidak perlu banyak pengalaman dalam hal komputer untuk pengoprasiannya, karena sistem informasi eksekutif membuat keefektifan dan keefisiensi waktu atau proses untuk menyelesaikan pekerjaan.
Menyediakan pengiriman tepat waktu dari ringkasan informasi perusahaan. Jadi untuk mendapat informasi tentang suatu perusahaan sistem informasi eksekutif dapat mudah mencari ringkasan yang berkaitan dengan perusahaan.
Informasi dari sistem informasi eksekutif jauh lebih mudah dipahami karena sesuai dengan kriteria-kriteria yang diinginkan oleh para eksekutif dan informasi tersebut dapat didokumentasi sehingga mempermudah para eksekutif jika ingin melihat informasi tersebut dilain waktu.
Sistem informasi eksekutif menyediakan pengiriman tepat waktu informasi, jadi setiap ada informasi yang diinginkan oleh para eksekutif akan didapatkan sesuai waktu yang ditentukan dan management dapat membuat keputusan segera sesuai dengan kesepakatan waktu dan informasinya.
Meningkatkan informasi pelacakan, ini berfungsi untuk melacak apakah informasi yang di dapat itu benar atau salah, sehingga tidak ada kesalahan informasi pada saat informasi tersebut diterima dan jika salah maka informasi tersebut tidak diterima.
Menawarkan efisiensi untuk pengambilan keputusan. Jika  keputusan terlalu lama diambil maka tidak ada perubahan maka keefisiensi waktu untuk pengambilan keputusan sangatlah penting tetapi hal tersebut diperhatikan terlebih dahulu jadi tidak asal mengambil keputusan, jika keputusan tersebut sangatlah berdampak baik maka pengambilan keputusan pasti diambil begitu juga dengan sebaliknya.
Sistem informasi eksekutif menggunakan sistem komputerisasi atau elektronik sehingga mudah untuk mengakses data, menyimpan data, mendokumentasikan data tersebut secara efisien dan tidak perlu kesulitan ketika ingin melihat dapat yang lama. Ini dapat mengurangi resiko kesalahan data pada suatu perusahaan yang menggunakan sistem informasi eksekutif.
Keterangan disetiap data diterangkan secara detail dan jelas ini memudahkan eksekutif untuk memahami data yang tersimpan dan memungkinkan untuk mengecilkan resiko terjadinya kekeliruan data atau pemalsuan data

Kekurang sistem informasi eksekutif
Memiliki fungsi yang terbatas jadi fungsi tersebut memiliki jangkauan yang terbatas sehingga setiap penggunaannya dibatasi tidak dapat menjangkau lebih dari batas yang ditentukan
Sistem informasi eksekutif tidak dapat melakukan perhitungan secara kompleks ini dikarenakan sistem tersebut memiliki fungsi yang terbatas atau jangkauan fungsi yang tidak bebas sehingga untuk melakukan perhitungan secara kompleks tidak memungkinkan
Sistem yang digunakan sangatlah besar karena informasi yang diperoleh berasal dari informasi satu perusahaan atau bahkan lebih sehingga untuk mengatur data tersebut atau informasi tersebut sangatlah sulit karena membutuhkan sangat banyak wadah
Sistem informasi eksekutif pembuatannya harus dapat memenuhi kebutuhan informasi bagi senior eksekutif ini sangatlah penting karena jika informasi tersebut tidak memenuhi kebutuhan senior maka informasi tersebut bisa dianggap kurang valid atau palsu jadi informasi yang diberikan haruslah sesuai kebutuhan senior eksekutif dan itu akan dianggap valid atau asli
Keterangan yang dibuat oleh para eksekutif sangatlah berat ini yang menjadi beban bagi para eksekutif karena informasi yang dicakup bukanlah sedikit dan harus teliti dalam memahami informasi tersebut agar tidak ada informasi valid atau informasi invalid.
Sistem informasi eksekutif menggunakan sistem yang online atau sistem komputerisasi dapat memungkinkan semua orang untuk bisa mengakses informasi-informasi yang ada, baik informasi yang bersifat umum atau informasi yang bersifat khusus (rahasia). Dengan demikian sistem informasi eksekutif memerlukan sistem pengaman data yang sangat canggih atau baik untuk menjaga informasi khusus atau data yang bersifat rahasia tersebut.
Pada perusahaan kecil sangatlah butuh biaya yang besar untuk mengimplementasikan sistem informasi eksekutif sehingga banyak sekali perusahaan kecil yang belum mengimplementasikannya.

Kesimpulan

            Sistem informasi eksekutif memiliki peranan penting untuk para eksekutif tinggi dalam mengembangkan perusahaan sehingga dapat menciptakan kesuksesan disetiap perusahaan yang menerapkan sistem informasi eksekutif karena sistem informasi eksekutif merupakan sistem terkomputerisasi yang memberikan kemudahan bagi para eksekutif untuk akses ke informasi. Informasi yang didapatkan bisa berupa informasi internal seperti informasi keuangan perusahaan, informasi ekspor, informasi import, informasi pegawai, informasi pekembangan perusahaan dari tahun ke tahun dll. Tidak hanya informasi internal yang didapat, informasi eksternal juga mudah diakses oleh para eksekutif seperti perkembangan suatu perusahaan lain, kinerja perusahaan lain, produk yang diberikan perusahaan lain dll. Jadi setiap perusahaan sangatlah perlu menerapkan sistem informasi eksekutif agar perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan lainnya.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar