Rabu, 07 Desember 2016


Analisis sistem informasi e-commerce pada Go-Jek

(Nobel humania billah/1634010085)



Aplikasi sistem informasi e-commerce pada Go-Jek

Download aplikasi Go-Jek untuk pengguna android :


Download aplikasi Go-Jek untuk pengguna iOS :




1.1  Tampilan aplikasi Go-Jek.


          PT. Gojek Indonesia (Go-jek), pertama kali didirikan oleh Nadiem Makarim pada tahun 2010. Go-Jek adalah perusahaan berjiwa sosial yang memimpin revolusi industri transportasi Ojek. Go-Jek bermitra dengan para pengendara Ojek berpengalaman di Jakarta, Bandung, Bali & Surabaya dan menjadi solusi utama dalam pengiriman barang, pesan antar makanan, berbelanja dan berpergian di tengah kemacetan. Go-Jek mengembangka satu jenis E-Commerce, yaitu Business to Customer yang dilakukan dengan personal online booking. Fitur E-Commerce pada Go-Jek sangat lengkap bila dibandingkan dengan fitur E-Commerce dari moda transportasi lainnya.

Tukang ojek yang bernaung di GoJek juga sudah mencapai 7.500 driver di area Jabodetabek saja. Dengan perkembangannya yang pesat ini, kabarnya Go-Jek telah menuai prestasi sebagai Juara 1 dalam kompetisi bisnis Gobal Entrepreneurship Program Indonesia (GEPI) di Bali. Selain itu, Go-Jek telah memperoleh berbagai penghargaan dari komunitas bisnis maupun sosial.



Di situs resminya disebutkan Go-Jek memberikan layanan jasa kurir (90 minute delivery anywhere in the city), Jasa transportasi (transparent pricing, free shower cap and masker), Jasa delivery makanan (delivering your favorite food under 60 minutes in Jabodetabek) dan Jasa belanja dengan nominal dibawah 1 juta rupiah (shop for food, ticket, medicine, anything under RP 1.000.000. we`ll pay for it first). Go-Jek dapat dipesan melalui Go-Jek App yang bisa diunduh melalui Play Store maupun App store. Dalam waktu 1 bulan aplikasi ini sudah berhasil mencapai 150 ribu download, dengan rating 4,4 dari 5 bintang. Untuk pembayarannya pun memiliki 2 cara yaitu cash atau menggunakan Go-Jek Credit. Go-Jek Credit adalah metode pembayaran GO-Jek yang dibuat cashless dan dapat digunakan untuk membayar semua layanan.



Tujuan dan sasaran Go-Jek

Mungkin masyarakat yang tinggal di daerah kota sudah tidak asing lagi dengan gojek. Gojek ini merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di jasa pelayanan ojek yang berada di Indonesia. Karena banyak yang menggunakan tentu pelayanan yang diberika lebih baik dari pda ojek ojek yang sudah ada sebelumnya, seperti ojek yang ada di setia pangkalan – pangkalan.

Gojek tidak hanya memberikan pelayanan bagi penjemputan dan pengantaran saja. Tapi juga digunakan untuk penjemputan dan pengantaran barang. Serta berbagai macam pelayanan yang bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi para pelanggannya.

Dan keistimewaan lain yang diberikan gojek adalah adanya website yang dapat dilakukan secara online jadi tidak perlu repot repot keluar rumah cukup sediakan internet yang cepat dan keinginan untuk menggunakan jasa pelayang dari gojek dapat segera di aplikasikan.

Cara kerja Go-Jek

            Di dalam aplikasi gojek terdapat beberapa fitur antara lain :

1.    Go-Ride

·         Konsumen melakukan pemesanan ojek melalui aplikasi gojek dengan memasukkan alamat penjemputan dan alamat tujuan.informasi tagihan akan otomatis ditampilkan setelah kedua alamat tersebut diisi.

·         Selanjutnya aplikasi gojek akan memproses pesanan tersebut dengan menggunakan algoritma tertentu untuk pencarian driver gojek yang akan mengantarkan calon penumpang.

·         Driver gojek yang berhasil memenangkan bidding , maka ia berhak mengantarkan penumpang.

·         Driver gojek akan menjemput penumpang sesuai alamat penjemputan dan mengantarkan sampai tujuan

·         Setelah sampai penumpang akan membayar driver gojek menggunakan uang cash atau kredit gojek.

2.    Go-Send

·         Melalui aplikasi gojek, konsumen akan mengisi detail alamat pengambilan barang yang akan dikirim, alamat tujuan pengiriman barang serta informasi yang diperlukan.

·         Pesanan tersebut kemudian akan diproses oleh pihak gojek dengan menggunakan algoritma tertentu sampai akhirnya mendapatkan driver gojek yang menang bid  untuk mengirimkan barang.

·         Driver akan mengambil dokumen atau barang sesuai alamat pengambilan dan mengirimkan sesuai alamat tujuan.

·         Sampai tujuan barang diserahkan ke penerima barang

3.    Go-Food

·         Pembeli memilih makan atau minuman yang ingin dibeli melalui aplikasi gojek

·         Setelah menu makanan dipilih dan dikirim ke gojek maka gojek akan memproses pesanan tersebut.

·         Setelah mendapatkan driver gojek yang menang ngebid, maka driver tersebut akan membeli makanan diresto tersebut.

·         Pihak resto yang mendapatkan pesanan akan menyiapkan makanannya.

·         Makanan yang sudah jadi dikirim oleh driver menuju alamat dimana makanan itu harus dikirim

·         Saat pemesan atau pembeli menerima maka akan membayar biaya makanan dan biaya transportnya. Pembayaran go-food masih menggunakan cash

Manfaat Go-Jek

1. Efesien

Manfaat dari gojek berikut ini adalah keefesienan waktu yang diberikan. Di kota besar yang serba padat merayap terkadang membuat sebagian orang merasa malas keluar rumah karena hampir sebagian waktu di gunakan untuk bermacaet ria di jalanan. Nah saat kebutuhan mengharuskan anda keluar rumah tapi anda tidak bisa maka anda bisa menggunakan jasa gojek ini agar membantu anda secepatnya jadi sambil menunggu gojek menyelesaikan pekerjaannya anda juga bisa melakukan aktivitas lain dari dalam rumah. Dengan ini waktu anda menjadi sangat efesien sekali.

2. Mudah

Semua orang ingin sekali mendapat kemudahan meskipun jalan untuk mendapatkan kemudahan itu harus di lalui dengan sulit dan payah bahkan jauh. Dan tak jarang mereka memilih mudah walaupun kesulitan terlihat di permukaan dengan mudah. Manfaat gojek yang paling terasa di dunia yang penuh dengan kecanggihan yang laur biasa ini adalah mudah karena bisa di lakukan secara online di rumah atau di manapun anda berada anda tidak perlu harus repot repot untuk melakukannya di bandingkan tidak dengan online.

3. Praktis

Selain dua manfaat diatas sebelumnya manfaat lain adalah praktis dan tidak membuat anda merasa pusing tujuh keliling. Praktis untuk anda gunakan untuk mengirimkan barang ke teman lama ataupun untuk mejemput anda yang terkena macet di suatu jalan di kota besar seperti Jakarta.

4. Nyaman

Kenyamanan merupakan sayarat telak untuk membuka usaha pelayanan seperti gojek ini. Dengan rasa nyaman yang dirasakan oleh pelanggan bisa jadi mereka akan tetap setia menjadi pelanggan anda. Nah yang membuat gojek sangat di sukai adalah pelayanan yang diberikan berupa rasa nyaman. Semua orang tentu sangat mengindamkan rasa nyaman. Dengan rasa nyaman yang mereka rasakan akan sulit bagi mereka untuk berganti pelayanan. Karena itu rasa nyaman sangat di perlukan dalam kehidupan sehari – hari.

5. Mudah

Manfaat dari gojek yang diberikan juga adalah kemudahan bagi para pelanggan. Bagi anda yang pernah menggunakan jasa pelayanan gojek ini maka anda akan merasakan kemudahan yang di berikannya. Sehingga tidak mudah bagi anda berpaling untuk menggunakan jasa pelayanan yang serupa tapi dengan perusahaan yang lain. Dengan anda merasa mudah anda akan jauh dari kesulitan yang anda rasakan di banding anda tidak menggunakan jasa gojek.

6. Modus

Modus dari gojek yang di maksudkan di sini adalah modus bagi anda yang merasa butuh jalan-jalan namun anda tidak memiliki teman yang bisa di ajakpergi karena masing-masing dari teman anda sibuk dan punya aktivitas lain. Maka anda dapat menggunakan jasa pelayanan dari gojek ini untuk menemani anda pergi jalan-jalan kemanapun yang anda mau.

Ada juga yang menggunakan manfaat modus dari gojek ini untuk pergi berbelanja di saat teman atapun pacar anda tidak bisa menemani anda untuk pergi berbelanja bersama. Begitu banyak manfaat pelayanan ini bukan pantas saja jasa pelayanan ini di kenal dengan baik hampir di seluruh wilayah indonesia.



7. Sopan

Sopan juga tercermin dari pakaian yang dikenakan oleh para pengendara gojek ini maka jangan ragu dari pakaian mereka yang sopan cara mereka melakukan tugasnya pun dengan tindakan yang sopan dan menyenangkan. Sopan disini dalam artian mereka bisa menjadikan anda sangat istimewa karena anda adalah pelanggan mereka. Sikap sopan yang mereka tunjukkan juga merupakan keharusan yang harus mereka miliki karena sebelum mereka menjadi pengendara gojek mereka mendapatkan pelatihan selama beberapa hari sebelum resmi menggunakan pakaian untuk gojek.

8. Cepat

Jika anda ingin pergi ke suatu tempat misalnya pergi kekampus dan jalanan di luar begitu macet serta ramai, jika anda menggunakan angkutan umum mungkin anda akan terjebak macet dan akan tiba terlambat di kampus maka anda dapat menggunakan jasa pelayanan dari gojek ini untuk menjadikan anda cepat sampai di tujuan. Gojek ini diperlukan untuk mengantarkan anda cepat sampai di tujuan.

Jika anda ingin mengirimkan barangpun anda dapat menggunakan jasa pelayanan gojek ini agar barang anda cepat sampai ke alamat tujuan. Begitu mudah bukan dengan menggunakan jasa pelayanan ini maka anda tidak perlu ragu untuk menggunakan jasa ini.

9. Aman

Gojek juga memiliki perlindungan keamanan yang lengkap tidak hanya bagi para pengendara tapi para penumpang juga di beri kelengkapan keamanan yang baik untuk keamanan saat berkendara. Anda juga akan diberi helm untuk melindungi kepala anda saat naik gojek untuk mengantar anda ke tempat tujuan.

Sembilan manfaat gojek ini dapat anda rasakan jika anda memang pernah menggunakan jasa gojek ini untuk mengantarkan anda beraktivitas dalan kehidupan sehari – hari.

Kekuatan dan kelemahan Go-Jek

Kekuatan aplikasi Go-Jek :

Instant Courier

Instant Courier atau jasa pengiriman barang, Go-Jek bisa dimanfaatkan sebagai pengiriman barang secara "real time". Biaya yang dibayar tentu saja sesuai dengan jarak tempuh yang secara otomatis sudah tertera di aplikasi. Baik dokumen maupun barang bisa diantar. Dengan catatan untuk barang yang akan dikirimkan tidak boleh melebihi dari pada jarak stang motor dan tinggi pengemudi. Go-Jek memberikan penawaran waktu yang cukup cepat untuk pengiriman barang yaitu 90 menit sampai dimanapun asalkan masih didalam kota.

Transport

Transport atau jasa transportasi, sesuai dengan namanya Go-Jek dimanfaatkan sebagai media transportasi khususnya diwaktu macet dan disaat kesulitan mencari transportasi publik. Kelebihan pada Go-Jek adalah pada awal pemesanan kita menentukan dimana keberadaan calon penumpang dan mementukan tujuan, dan seketika aplikasi memberikan konfirmasi harga yang harus dibayar oleh calon penumpang. Dengan fitur ini calon penumpang merasa lebih efisien karena adanya transparansi harga dan tidak perlu repot melakukan tawar menawar. Pada jasa transportasi ini penumpang mendapat hair cover dan masker gratis.



Food Delivery

Food Delivery atau jasa pengiriman makanan, dengan layanan ini kita bisa order makanan di restoran favorit kita tanpa harus pergi kesana. Tinggal order lalu beritahu saja di aplikasi restoran yang kita maksud dan menu apa saja yang ingin kita order. Bahkan didalam layanan ini sudah ada jenis-jenis makanan yang direkomendasikan sehingga memudahkan.

Shopping

Shopping atau jasa belanja, pada  layanan ini Go-Jek dapat membantu untuk berbelanja di swalayan dengan detail barang-barang yang dikehendaki. Menariknya biaya akan ditanggung terlebih dahulu oleh Go-Jek dan akan diganti ketika sudah sampai ditempat tujuan dengan batas maksimal Rp 1.000.000.

Fitur yang terdapat pada 4 menu utama pada layanan Go-Jek App diantaranya :

Input Data

Calon penumpang menentukan lokasi penjemputan dan lokasi tujuan kemudian Go-Jek akan mengkalkulasi pembayaran. Dan kemudian calon penumpang memilih cara pembayaran ( cash atau memakai Credit Go-Jek).

Driver On The Way

Setelah melakukan pemesanan, aplikasi akan merespon untuk mencari supir Go-Jek terdekat dengan lokasi calon penumpangnya. Pada fitur ini, calon penumpang akan melihat GPS mengenai keberadaan supir Go-Jek yang akan menjemputnya bahkan terdapat berapa lama estimasi yang dibutuhkan supir Go-Jek sampai dilokasi calon penumpang.


1.2  Melihat driver sudah sampai dimana melalui layanan GPS.

SMS & Call

Ketika Supir Go-Jek belum sampai juga, calon penumpang bisa memanfaatkan fitur SMS & Call yang telah disediakan oleh Go-Jek Apps.


1.3 SMS atau telepon ketika driver tidak kunjung datang.

Driver Review

Untuk fitur ini penumpang dapat memberikan rating dan komentar mengeni pelayanan yang dilakukan oleh supir Go-Jek, karena dari rating inilah supir Go-Jek akan mendapatkan bonus bulanan.


1.4 Review driver.
    
 

My Wallet

Fitur ini memudahkan penumpang dalam pembayaran, karena tidak memerlukan uang cash. Untuk penumpang yang baru pertama kali ingin menggunakan, Go-Jek memberikan kode voucher senilai Rp. 50.000.untuk pengisian ulang penumpang dapat mentransfer uang melalui Bank yang sudah ditentukan.


1.5 Jumlah Go-Jek Credit.

Kekurangan dari gojek yang mungkin anda jumpai antara lain adalah sebagai berikut :

1. Server eror

Server eror dapat saja terjadi saat akan melakukan pemesanan karena jaringan yang bermasalah. Hal ini wajar terjadi tapi jika anda terburu oleh waktu makan server ero dapat mejadi salah satu masalah yang besar bagi anda. Beda jika kebutuhan anda tidak terlalu mendesak anda dapat mencoba mengulanginya beberapa menit kemudian sampai anda dapat melakukan pemesanan kembali dengan baik. Dan anda dapat pelayanan yang baik kembali dari gojek tersebut.

2. Tidak bisa pindah tujuan

Nah kekurangan yang lainnya adalah tidak bisa pindah tujuan. Jadi pengemudi akan mengantar anda di tempat anda melakukan order sebelumnya dan anda tidak bisa mengubah tujuan sesuka hati anda.


3. Tidak bisa memilih pengemudi

Karena berbasis online maka tidak bisa memilih pengemudi yang anda sukai karena pengemudi di gojek ini sangatlah banyak.

Dari kekurangan yang ada di gojek ini dapat diatasi dengan anda sebagai pemberi order agar teliti lebih dahulu sebelum melakukan pemesanan.

Kesimpulan

Sistem informasi memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Sistem informasi memiliki peran dalam menunjang kegiatan bisnis operasional,menunjang manajemen dalam pengambilan keputusan, dan menunjang keunggulan strategi kompetetif perusahaan.

Penerapan E-Commerce pada PT. Gojek Indonesia telah terintegrasi dengan cukup baik. Hal ini dapat dilihat melalui arsitektur aplikasi perusahaan yang memberikan kerangka kerja konseptual yang menghubungkan antar proses dan interface dari aplikasi E-Commerce, yaitu mulai dari bagaimana konsumen memesan, proses pelayanan, sampai dengan selesainya jasa layanan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar